Sharing Inspiration, Motivation, Lifestyle, and Business

Monday, December 4, 2006

MENJADI CANGKIR YANG KOSONG DEMI PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK


Mungkin anda pernah membaca kisah ini tetapi di sini saya ceritakan kembali dengan sedikit sentuhan yang agak modern. Mungkin beberapa dari anda masih ingat soundtrack iklan Nescafe yang berjudul “Open Up” yang dinyanyikan oleh Shunza.

Pada suatu hari seorang professor bertamu untuk menemui Sang Guru. Sang Profesor begitu penasaran terhadap Sang Guru. Ia telah banyak mendengar dari orang-orang tentang kiat-kiat yang diberikan oleh Sang Guru. Sang Profesor memang telah belajar banyak hal selama hidupnya. Ia juga seorang yang ahli dalam profesinya. Tetapi atas saran sahabatnya ia menemui Sang Guru untuk belajar suatu hal yang merubah hidupnya.

Sore itu di ruang tamu, sambil diiringi lagu “Open Up” dan dua cangkir kopi serta satu teko di atas meja, Sang professor dan Sang Guru duduk berhadapan. Sang Profesor menyatakan maksud kedatangannya atas saran temannya. Sang Guru mengambil teko lalu menuangkan kopi pada cangkir kopi profesor yang masih penuh.

“Guru, kopinya kan masih penuh nanti airnya tumpah”
Sang Professor mengingatkan Sang Guru karena kopi di cangkirnya meluap tumpah ketika Sang Guru menuangkan air dari teko.
“Kalau begitu begitu kosongkan dulu gelasmu.” Sang Guru tersenyum.
“Professor, anda tidak dapat belajar apapun dari saya kalau anda tidak dapat mengosongkan cangkir dalam pikiran anda. Kalau anda mau belajar anda harus bebas dari prasangka dan membuka diri anda..”

Membuka diri, membuka pikiran dan membuka mata seperti yang dilantunkan oleh Shunza dalam soundtrack iklan Nescafe merupakan kunci untuk mengembangkan diri kita. Dengan membuka diri kita dapat lebih mampu mengerti apa yang kita pelajari. Membuka diri merupakan sikap reseptif terhadap perubahan dan pelajaran. Sebaliknya, prasangka buruk dan tidak mau mendengarkan serta mamahami hanya akan membutakan diri kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa belajar adalah proses seumur hidup. Dalam bekerja kita pun perlu membuka diri terhadap perubahan-perubahan. Dalam bekerja perlu yang namanya komitmen. Sayangnya tidak jarang kita menutup diri kita untuk tidak berkomitmen. Tertutup untuk belajar dan mencoba hal-hal baru , seperti tugas-tugas baru hanya akan membuat kita tertinggal. Lalu bagaimana kita harus bersikap bila kita mendapat tugas baru dalam pekerjaan kita? Jawabannya adalah bukalah hati, jadilah cangkir yang kosong dan mau belajar.

Mengapa iklan kopi Nescafe memilih soundtrack Open Up? Karena kopi merupakan teman saat ngobrol, minuman di saat kita saling membuka diri dengan rekan kita. Membuka diri juga bermanfaat ketika kita berada dalam teamwork. Kita membuka diri dan mau mendengarkan usulan rekan kerja, bawahan, bahkan kebijakan manjemen demi perubahan yang lebih baik. Dengan sikap ini kita akan lebih dinamis. Seorang pemimpin yang mau membuka hatinya memotivasi bawahannya untuk mengemukakan ide baru. Dalam hubungan dengan rekan kerja, kita berkembang karena kita terbuka terhadap kritik yang membangun. Sebagai bawahan pun kita akan lebih dapat menyesuaikan diri dengan kebijakan manajemen.

Ketika kita sedang dalam training atau belajar hal baru, merasa diri paling pintar tidaklah membantu, keterbukaan pikiran merupakan sikap yang tepat. Dalam belajar kita harus bersedia membuka hati kita untuk belajar dari orang lain. Pikiran kita pun menjadi lebih reseptif terhadap training yang diberikan.

Dengan menjadi cangkir yang kosong pikiran kita lebih terbuka dan wawasan pun menjadi lebih luas. Terbukalah! Karena ide bisa datang dari mana pun, dari kejadian-kejadian kecil dan dari siapa saja, bahkan bisa saja dari orang yang tidak kita kenal atau dari mereka yang tidak kita anggap penting Keterbukaan inilah yang dapat merangsang kreatifitas kita.[]


Bila Anda siap membuka diri Anda untuk belajar internet marketing baik untuk ide bisnis pribadi Anda maupun untuk pengembangan website Anda, bergabunglah di Asian Brain.

No comments: